http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam1gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam3gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam4gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam5gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam6gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam7gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam8gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam9gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam10gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam11gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam12gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam13gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam14gk-is-98.jpglink
http://pasarmalamindonesia.com/modules/mod_image_show_gk4/cache/pasarmalam2gk-is-98.jpglink
«
»

Gong! Usung Indonesia Baru, Pasar Malam Indonesia 2012 Resmi Dibuka

Den Haag -Pasar Malam Indonesia (PMI) 2012 di alun-alun Malieveld, Kota Den Haag, resmi dibuka oleh Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Belanda Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Urusan Eropa dan Kerjasama Pembangunan Ben Knapen, Kamis (29/3/2012) petang waktu setempat.

Tujuan penyelenggaraan Pasar Malam ini tidak hanya sebagai ajang nostalgia tempo doeloe, namun lebih sebagai sarana mengeratkan hubungan bilateral RI- Belanda dengan menginformasikan Indonesia Baru kepada masyarakat Belanda, demikian Dubes sambutan pembukaan PMI, yang telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya.

Menurut Dubes, Indonesia baru telah menjelma menjadi mitra sejajar dengan Belanda, yang tentu harus dipandang sebagai suatu peluang untuk dimanfaatkan khususnya dalam interaksi perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Sementara itu Menteri Ben Knapen dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan PMI 2012.

PMI 2012 telah membawa babak baru dalam hubungan bilateral Indonesia-Belanda dengan tidak hanya mempertunjukkan keragaman seni, budaya dan kulinari khas Indonesia, namun juga menampilkan keberhasilan Indonesia di bidang ekonomi, melalui promosi perdagangan dan investasi di sela-sela Pasar Malam, ujar Knapen.

Seusai portofolionya, Menteri Ben Knapen juga berbagi informasi bahwa kerjasama Indonesia dan Belanda saat ini tengah difokuskan pada permasalahan ketahanan pangan dan pengelolaan air.

Pasar Malam Indonesia kali ini menampilkan wakil-wakil dari 14 Lembaga Pemerintahan, yang terdiri dari Kementerian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Pemprov Jambi, Pemprov Gorontalo, Pemprov Jawa Tengah, Badan Pengusahaan Batam, Pemkot Sabang, Pemkot Surabaya, Pemkot Ambon, Pemkot Medan, Pemkab Bogor dan Pemkab kerawang.

Turut berpartisipasi sejumlah Usaha Kecil Menengah, baik yang kehadirannya disponsori oleh Kementerian Koperasi dan UKM maupun sebagai peserta mandiri.

Sebagai upaya menampilkan Indonesia baru, dilakukan pula pameran Ikatan Arsitek Indonesia di Uni Eropa (IAI-EU) yang menampilkan 164 desain arsitek di Indonesia dan paviliun film promosi.

Mengenang Dubes Habibie

Prosesi pembukaan PMI 2012 juga dimanfaatkan oleh Dubes untuk melakukan moment of silent mengenang almarhum Duta Besar J. E. Habibie, pemrakarsa Pasar Malam Indonesia, yang telah berpulang pada 12/3/2012 lalu.

Beberapa tamu kehormatan yang hadir antara lain Ketua Mahkamah Agung Belanda Geert Corstens, mantan Menlu Bernard Rudlof 'Ben' Bot, sejumlah Duta Besar negara-negara sahabat, serta tamu Undangan lainnya.

Dubes Habibie pada medio 2009 mengamati bahwa Pasar Malam Besar telah berkembang sedemikian rupa menjadi Pasar Tong Tong mencakup negara-negara Asia, sehingga akar keindonesiaannya mulai termarjinalisasi.

Dubes juga mengaku pasang telinga ke kalangan generasi tua Belanda, Indo, juga warga Indonesia, yang rata-rata mengatakan rindu dengan Pasar Malam asli Indonesia (PMI). Dari situ Dubes bertekad mewujudkan Pasar Malam yang otentik Indonesia.

Menurut Dubes, PMI ini akan mengembalikan kesenangan khas pasar malam tradisional dengan musik, tari, dan kuliner otentik dari Indonesia. Dengan kata lain, menjadi tempat orang untuk makan minum, menikmati hiburan seni budaya, transaksi bisnis, dan belanja oleh-oleh.

Para pengunjung dapat duduk rileks di food court menikmati kuliner Indonesia, sambil menyaksikan penampilan sejumlah artis terkemuka dari tanah air, juga artis populer Belanda berasal-usul Indonesia.

"Pasar malam ini akan menjadi festival kebudayaan pertama yang diorganisir KBRI, dengan menyajikan potensi perdagangan, pariwisata, dan investasi, juga kebudayaan Indonesia yang unik," terang Dubes Habibie dalam konferensi pers di Ruang Nusantara KBRI Den Haag dua tahun lalu, tepatnya Kamis (18/3/2010).

Kini pasar malam otentik Indonesia di Den Haag itu telah menginjak edisi tahun ketiga dan tetap ramai pengunjung, suatu indikator bahwa masyarakat dan partisipan menyambut antusias konsep PMI.

Namun untuk PMI 2012 ini akan berlangsung sehari lebih singkat dari edisi sebelumnya, yakni selama empat hari, mulai 29/3 hingga 1/4/2012, karena overlap dengan Floriade 2012. Sebelumnya secara khusus telah diselenggarakan kegiatan Business Meeting dengan tajuk Indonesian Business Update - Indonesia Today: Business Opportunities in Indonesia.

Eddi Santosa - detikfinance
Jumat, 30/03/2012 19:07 WIB